Minggu, 07 September 2008

Jika aku adalah seorang skizofrenia

Mungkin sebagian temen2 sudah tau tentang apa itu skizofrenia. Tapi bagi yg blom tau ada baiknya kita perlu liat dulu pengertiannya. Skizofrenia merupakan salah satu penyakit gangguan kejiwaan dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respon emosionla dan cenderung menarik diri dari hubungan sosial. Sering kali diikuti dengan delusi dan halusinasi.

Yang menarik dari skizofrenia ini adalah jalan pikiran para penderitanya. Seringkali para penderita merasa ada yg lain di dunia mereka. Terkadang mereka diikuti oleh suara2 ataupun bisikan2 yg sebenarnya tidak ada menurut manusia normal. Bahkan terkadang bisikan2 itupun menyuruh para penderita skizofrenia untuk bunuh diri dan tidak jarang juga yg pada akhirnya menuruti bisikan itu untuk bunuh diri.

"A Beautiful Mind" adalah salah satu film yang mengangkat tema tentang skizofrenia. Film ini diambil berdasarkan kisah nyata yg dialami oleh pemenang Nobel tahun 1994 yaitu John Nash. Film yg diperankan oleh Russel Crowe (yang berperan sebagai John Nash) ini bercerita tentang bagaimana perjuangan hidup seorang John Nash untuk bisa survive dari penyakit skizofrenia nya dan kemudian mendapatkan nobel.

Ternyata para penderita skizofrenia juga ada di Indonesia. Kick Andy pernah mengangkat tema tentang penderita skizofrenia di Indonesia. Satira Isvandiary adalah salah satu penderita skizofrenia yang dihadirkan sebagai bintang tamu oleh Kick Andy. Satira bercerita tentang halusinasi yang selama ini dideritanya. Mulai dari mayat hidup, malaikat Jibril, para nabi, makhluk bermata merah, sampai para tokoh2 budha.

Sebuah dunia yg menarik dan misterius untuk kita pikirkan dan berikan mereka para penderita skizofrenia dengan perhatian yg lebih. Karena salah satu penyebab kesembuhan para skizofrenian adalah dengan memberikan kasih sayang dan perhatian. Bayangkan jika kita adalah penderita skizofrenia....

Tidak ada komentar: